Inilah 5 Mitos Seputar Perawatan Rambut

Inilah 5 Mitos Seputar Perawatan Rambut

Tidak peduli seperti apa gaya rambut anda, anda pasti sering mendengar mitos-mitos yang banyak beredar di masyarakat. Mitos-mitos ini banyak dipercaya oleh para wanita. Padahal mitos ini justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambut anda. Mengetahui mitos dan faktanya bisa membantu anda dalam melakukan perawatan pada rambut anda.

Inilah 5 Mitos Seputar Perawatan Rambut

Mitos 1: Sering mengganti produk shampo atau kondisioner agar efeknya terlihat
Banyak mitos beredar apabula rambut menjadi terbiasa dengan shampo yang digunakan, manfaat dan efeknya tidak akan terlihat. Padahal itu semua disebabkan oleh sisa-sisa residu di kulit kepala. Beberapa shampo dan kondisioner dapat meninggalkan sisa-sisa di kulit kepala sehingga menghambat shampo dan kondisioner meresap di kulit kepala. Gunakan clarifying shampoo setiap sekali dua minggu atau sekali sebulan untuk membersihkan residu dan anda akan bisa melihat shampo dan kondisioner anda mulai memberikan efek ke rambut anda.

Mitos 2: Menyisir rambut seratus kali sehari dapat membuat rambut terlihat berkilau
Mitosnya adalah menyisir seratus kali setiap hari dapat menghantar minyak alami dari kulit kepala ke seluruh permukaan rambut sehingga rambut terlihat lebih berkilau. Atau manfaatnya bisa menstimulasi peredaran darah di kulit kepala yang merangsang pertumbuhan rambut. Kedua mitos di atas tidaklah benar karena menyisir rambut terlalu sering dapat menggesek permukaan rambut yang menyebabkan kutikula menjadi rusak sehingga rambut terlihat kusam. Jadi, sisirlah rambut seminimal mungkin saat rambut berantakan atau untuk menatanya. Selain itu, gunakan sisir bergigi jarang atau sisir dengan permukaan berbentuk bola-bola kecil.

Mitos 3: Jangan gunakan kondisioner apabila rambut anda berminyak
Penggunaan kondisioner pada kulit kepala yang berminyak tidak akan membuatnya semakin berminyak. Minyak alami tersebut diproduksi terlalu banyak oleh kulit kepala sehingga menyebabkan rambut terlihat berminyak. Penggunaan kondisioner adalah untuk menutup kutikula rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan kuat sepanjang hari. Jadi, gunakan kondisioner hanya dari pertengahan rambut hingga ujungnya.

Mitos 4: Pencucian rambut yang baik adalah yang dilakukan dua kali pencucian
Pencucian ini hanya akan menambahkan residu shampo pada kulit kepala anda. Dengan shampo yang cocok, anda hanya perlu melakukan pencucian sekali.

Mitos 5: Keringkan rambut menggunakan handuk.
Saat anda keluar dari kamar mandi, handuk mungkin adalh hal pertama yang anda ambil. Handuk tersebut lalu anda usapkan ke rambut agar kering. Padahal sebenarnya penggunaan handuk untuk mengeringkan rambut adalah salah. Pengeringan rambut menggunakan rambut dapat merusak rambut anda. Cobalah untuk mengeringkannya secara alami atau menggunakan alat pengering rambut dengan suhu rendah.

Setelah mitos-mitos diatas dibeberkan faktanya, anda pun akan menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan rambut. Apabila ada mitos mengenai rambut beredar, pastikan dulu apakah itu bukan hanya mitos semata yang justru dapat merusak rambut anda.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar