Inilah 3 Makanan Sehat untuk Kecerdasan Otak Anak

Inilah 3 Makanan Sehat untuk Kecerdasan Otak Anak

Setiap orang tua pasti mendambakan putra putrinya berprestasi di sekolah. Tips rahasianya adalah, perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh buah hati Anda. Makanan tertentu sangat baik dan dapat membantu untuk pertumbuhan otak – ditambah membantu dalam perkembangan fungsi, memori dan konsentrasi.

Inilah 3 Makanan Sehat untuk Kecerdasan Otak Anak

Suatu fakta menyebutkan bahwa otak adalah organ yang sangat lapar – organ tubuh paling pertama dalam mengabsorbsi nutrisi dari makanan yang kita makan, kata Bethany Thayer, MS, RD, seorang ahli gizi Detroit dan Juru Bicara The American Dietetic Association (ADA). Seperti yang dilansir di WebMD, Bethany Thayer menambahkan bahwa dengan memberi tubuh kita junk food, maka otak akan “menderita”.

Tubuh anak yang sedang mengalami tumbuh kembang membutuhkan berbagai macam nutrisi. Namun, tiga makanan berikut akan membantu prestasi belajar mereka di sekolah. Ingin tahu apa saja? Semuanya akan diulas pada poin-poin di bawah ini.

1. Ikan Salmon
Menurut Andrea Giancoli, MPH, RD, ahli gizi Los Angeles dan Juru Bicara ADA, Ikan salmon adalah sumber yang sangat baik akan asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang keduanya merupakan nutrisi esensial untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Suatu fakta menyebutkan bahwa orang yang memasukkan asam lemak tersebut dalam makanannya akan mempunyai pikiran yang tajam dan dapat mengerjakan dengan lebih baik di tes skill pada mental. Bahkan, menurut Giancoli, sumber omega-3 pada salmon lebih kaya dari pada yang dimiliki oleh tuna. Dan juga, tuna “putih” albacore mempunyai kandungan merkuri lebih banyak dari pada tuna kalengan. Sehingga, EPA menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6 ons tuna albacore dalam seminggu.

2. Telur
Sumber nutrisi sehat untuk otak buah hati Anda yang kedua adalah telur. Mudah ditemui di sekitar Anda, bukan? Telur dikenal sebagai sumber protein yang kaya – Ketika mengonsumsi telur, usahakan anak Anda juga memakan bagian kuning telur, karena kuning telur juga dilapisi dengan kolin, yang membantu perkembangan memori.

3. Selai Kacang
Ya, selai kacang. Menurut Giancoli, kacang dan selai kacang adalah sumber yang baik untuk vitamin E, antioksidan potensial yang melindungi membrane saraf – ditambah dengan tiamin yang membantu otak dan sistem saraf dalam menggunakan glukosa untuk energi.

Tips: Adukan selai kacang dengan sandwich pisang. Atau bisa juga menyelupkan seiris apel ke dalam selai kacang sebagai variasi makanan untuk buah hati Anda. Dijadikan toping untuk salad buah kesukaan si kecil juga menarik untuk dihidangkan.

Anda baru saja membaca beberapa makanan sehat yang membantu tumbuh kembang fungsi, memori, dan konsentrasi otak anak Anda. Cukup mudah bukan? Punya referensi lain makanan apa saja yang sehat untuk otak? Bagilah kepada kami dan pembaca lainnya.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar