5 Rahasia Pernikahan Awet dan Harmonis

5 Rahasia Pernikahan Awet dan Harmonis

Pernikahan adalah sesuatu yang menyatukan dua jiwa yang sangat mencintai satu sama lain. Namun, makin lama usia pernikahan dapat menyebabkan pasangan kehilangan kendali atas pernikahannya, meskipun tidak ada masalah apapun ataupun masih saling mencintai. Menghindarinya, atau berusaha memecahkannya merupakan kunci untuk pernikahan yang langgeng dan sukses. Artikel ini akan memberikan beberapa tips untuk membangun pernikahan yang harmonis.

5 Rahasia Pernikahan Awet dan Harmonis

Pertama, pernikahan itu bukan seperti yang terlihat dalam film romantis atau dongeng. Menemukan orang yang sempurna dan tanpa cela adalah hal yang tidak mungkin. Tapi, yang harus dilakukan adalah belajar menerima ketidaksempurnaan pasangan.

Kedua, perlu disadari bahwa tiap orang pasti melakukan kesalahan. Dua orang yang berbeda pasti memiliki sifat yang berbeda dan cara yang berbeda juga dalam menghadapi sesuatu. Jadi, pasti pasangan anda akan melakukan kesalahan. Selain itu, masalah akan muncul. Hal terpenting saat ini terjadi adalah, kompromi disaat anda dan pasangan anda sudah tenang. Jangan mendahulukan emosi, anda harus bisa mengendalikan diri. Dalam kompromi, jangan sampai hanya mengakomodir kepentingan satu pihak. Jalan tengah harus ditemukan untuk menyelesaikannya. Jangan gengsi untuk minta maaf jika anda melakukan kesalahan.

Ketiga, habiskan waktu bersama secara berkualitas. Jangan sampai anda dan pasangan duduk berdampingan tapi sibuk dengan kegiatan masing-masing atau sibuk memainkan gadget anda. Cobalah untuk fokus dan mengacuhkan hal-hal yang menganggu anda dan pasangan. Pasang musik yang menyenangkan untuk membangun suasana yang romantis. Ceritakan kegiatan keseharian anda, masalah, kerisauan, harapan dan cita-cita yang anda ingin wujudkan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat koneksi dan kedekatan antara anda dan pasangan.

Keempat, perhatikan pasangan anda. Seiring waktu berjalan, seringkali frekuensi pasangan dalam berkomunikasi berkurang. Pasangan seringkali merasa terabaikan, baik karena kesibukan atau lain hal. Untuk menyiasatinya anda dapat mencoba menanyakan kabarnya saat dia sedang bekerja, membuatkan makanan untuknya, atau bertukar hadiah sesekali. Jika hal tersebut anda lakukan, dia akan merasa bahwa anda menganggapnya sebagai sosok yang penting dalam hidup anda.

Kelima, tunjukkan rasa terima kasih. Hal ini seringkali dilupakan karena merasa bahwa pasangan anda memang seharusnya melakukan sesuatu untuk anda. Bekerja keras mencari uang memang lah tugas seorang suami, tapi tidak ada salahnya anda berterimakasih atas usaha yang dilakukannya. Menunjukkan rasa terima kasih dapat meningkatkan suasana positif dalam sebuah hubungan.

Jika hal-hal diatas berhasil dilakukan, hubungan harmonis dalam pernikahan anda pasti tercapai.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar