Penyebab Flek Hitam pada Wajah Wanita dan Cara Pencegahannya

Penyebab Flek Hitam pada Wajah Wanita dan Cara Pencegahannya

Flek hitam merupakan mimpi buruk bagi para wanita. Apa sih sebenarnya flek itu? Freckles atau yang biasa disebut Flek merupakan kelompok melanin yang terkonsentrasi dengan bintik-bintik yang disebut ephelis. Freckles ini tidak memandang latar belakang genetik. Mayoritas penyebab utama pembentukan bintik-bintik disebabkan oleh Sinar Matahari, paparan radiasi UV-B merangsang melanosit yang memicu peningkatkan produksi melanin yang menyebabkan bintik-bintik berwarna gelap pada kulit wajah bagian luar dan lebih menimbulkan kesan lebih jelas terlihat secara kasat mata.

Penyebab Flek Hitam pada Wajah Wanita dan Cara Pencegahannya

Bintik-bintik yang terbentuk lebar atau besar disebut dengan melesma (campuran pengaruh buruk sinar matahari dengan faktor hormonal). Flek biasanya terdapat pada area bagian tubuh sepeti wajah, dada, lengan.

Flek juga dapat diturunkan melalui faktor keturunan yang pada sebagian orang akan timbul saat fase remaja ataupun fase dewasa. Pada masa-masa kehamilan pun ternyata hormon mempengaruhi kondisi kulit wajah sehingga apabila tidak kita jaga dan rawat kebersihannya dapat menimbulkan bintik-bintik hitam (flek).

Seperti yang sudah kita ketahui bersama paparan sinar matahari langsung juga dapat menimbulkan bermacam kerusakan pada kulit wajah selain timbulnya flek. Lalu apakah hanya ittu saja penyebab terjadinya flek hitam?

Tentu saja tidak, masih ada beberapa penyebab lain. Seperti penggunaan beberapa jenis obat-obatan yang tergolong antibiotik, obat-obat anti peradangan, dan obat-obat untuk mengatasi penyakit epilepsi. Selain itu pemakaian alat kontrasepsi seperti suntik KB atau pil KB juga dapat menyebabkan terjadinya flek pada kulit wajah.

Bagi anda yang tinggal di lingkungan perkotaan, polusi udara merupakan musuh jahat bagi kesehatan tubuh. Flek hitam dapat timbul akibat pelepasan melanin secara berlebih, sel kita secara alami memroduksi anti oksidan untuk melawan penyebab kerusakan bagi kulit wajah namun apabila diproduksi secara berlebih flek hitampun dapat timbul.

Disamping polusi udara, bahan-bahan kosmetika yang tidak aman juga dapat menimbulkan flek hitam. Bahan kosmetika seperti apa yang dapat menimbulkan flek? Produk kosmetik yang mengandung toxic, merkuri, hydroquinone, Rhodamin B, Tretinoin, dan sejenisnya, dapat menimbulkan dampak kerusakan yang cukup berbahaya bagi wajah. Selain flek, kandungan bahan tersebut juga dapat mengakibatkan kanker apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan flek serta fakto penyebab timbulnya flek, maka untuk artikel selanjutnya, kami akan mebahas tentang cara alami untuk mencegah dan menghilangkan flek yang timbul khususnya pada kulit wajah.
Advertisement

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar